Hina Ustadzah Ning Imaz Seperti ini, Eko Kuntandhi di Desak Minta Maaf Oleh PBNU

 

Eko Kuntadhi mengunggah video dengan caption yang dianggap menghina ustazah Ponpes Lirboyo Imaz Fatimatuz Zahra atau Ning Imaz. Eko mengaku dirinya tidak membaca caption yang ada dalam video tersebut.

Ia mengaku hanya mengunggah ulang video tersebut. Video tersebut ia dapat dari orang lain.

"Yang pertama, saya memang tidak tahu. Yang kedua, ketika saya melihat videonya, saya memang tidak memperhatikan caption-nya. Saya perhatikan kontennya. Yang masalah itu caption depannya, saya dapat dari Twitter atau WA, saya lupa," ujar Eko Kuntadhi saat dihubungi, Rabu (14/9/2022).

Diketahui bahwa Eko Kuntadhi mencuit serta mengunggah video Ning Imaz yang bicara soal tafsir Surat Ali Imran ayat 14. Dalam video yang diunggah Eko Kuntadhi dituliskan kalimat 'T*l*l tingkat kadal. Hidup kok cuma mimpi selangkangan'. Cuitan Eko Kuntadhi itu sudah tak lagi terlihat. Cuitan terakhirnya per 12 September.

Eko telah menghapus cuitannya tersebut. Dia juga telah berkomunikasi langsung dengan Gus Rifqil Moeslim dan meminta maaf.

"Jadi saya twit malam, saya tidur. Pagi-pagi ada yang telepon. Langsung saya take down. Tapi sudah kesebar ke mana-mana. Saya sudah minta maaf ke Gus Rifqil Moeslim, suami Ning Imaz," ungkapnya.

Meskipun begitu, Eko juga akan berkunjung ke Lirboyo untuk memberi penjelasan terkait hal ini.

"Besok saya langsung silaturahmi ke Lirboyo," kata Eko.

Eko Kuntadhi Tuai Kecaman

Sebelumnya, ketua pimpinan wilayah GP Ansor DKI Jakarta Muhammad Ainul Yakin alhafidz mengecam Eko Kuntadhi yang dinilai menghina Ustazah Imaz Fatimatuz Zahra atau Ning Imaz. Ainul Yakin mendesak Eko Kuntadhi minta maaf.

"Kami mengecam dan menuntut agar yang bersangkutan meminta maaf secara terbuka kepada seluruh umat Islam, khususnya warga Nahdlatul Ulama, yang sangat tersinggung dengan ungkapan Eko Kuntadhi," kata Ainul Yakin, dalam keterangannya seperti dilihat, Rabu (14/9).

Ainul Yakin mengingatkan semua pegiat medsos berhati-hati berkomentar dan beraktivitas di media sosial. Ainul Yakin juga mengatakan saat ini tengah mengkaji ada tidaknya unsur hate speech dalam unggahan Eko Kuntadhi itu.

"Ada pepatah Arab yang menyampaikan selamatnya seseorang tergantung pada bagaimana seseorang menjaga lisannya, dalam konteks saat ini sejauh menjaga jarinya untuk tidak asal berkomentar terhadap apa yang mereka sebetulnya tidak paham, terlebih menyangkut keyakinan dan agama," ucapnya.

Sementara itu, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menyayangkan perkataan kasar Eko ke Ning Imaz.

"Seharusnya demikian (minta maaf), kita harus minta maaf jika memang salah, itu sikap kesatria dan sangat terpuji," ujar Ketua PBNU Ahmad Fahrur Rozi ketika dihubungi detikNews, Rabu (14/9/2022).

Ulama yang akrab disapa Gus Fahrur itu menambahkan, jika tidak mampu mendukung, sebaiknya Eko Kuntadhi diam. Eko diminta tidak mengumbar kebencian.

"Jika tidak membantu, minimal jangan mengganggu," lanjutnya

sumber : detiknews 

Belum ada Komentar untuk "Hina Ustadzah Ning Imaz Seperti ini, Eko Kuntandhi di Desak Minta Maaf Oleh PBNU"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel