MULAI HARI INI Tilang Manual Kembali Diberlakukan, Perlu di Ketahui Ini Ciri Polisi yang Boleh Lakukan Tilang Manual

 


Polisi akan kembali menerapkan tilang manual terhadap pelanggar lalu lintas mulai hari ini. Namun, tak semua polisi bisa melakukannya.

Hanya anggota polisi lalu lintas yang sudah memiliki sertifikasi dan diberikan surat perintah yang bisa memberlakukan tilang.

Di wilayah hukum Polda Jabar jumlahnya belum banyak.

"Baru ada 129 personel," ujar Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Ibrahim Tompo, saat dihubungi melalui telepon, Rabu (31/5).

Untuk memudahkan masyarakat mengenali mana polisi bersertifikasi yang memiliki kewenangan menilang dengan yang tidak, polisi bersertifikasi yang memiliki kewenangan menilang diberikan tanda khusus pada seragamnya.

Namun, tanda ini rupanya belum diberlakukan secara merata. Terbukti, antara Polres Sukabumi dengan Polrestabes Bandung, masih terdapat perbedaan.

Di Sukabumi, aparat kepolisian bersertifikasi dan memiliki surat tugas untuk penilangan, bisa dikenali lewat ban berwarna biru di lengan kiri bertuliskan DAKGAR, akronim dari Penindakan Pelanggaran.

Kasat Lantas Polres Sukabumi Kota, AKP Eryda Kusumah, mengatakan ada 18 personel yang bisa melakukan penindakan secara manual secara langsung.

"Secara umum, seluruh personel Sat Lantas bisa melakukan penindakan pelanggaran melalui ETLE Mobile. Tetapi untuk penindakan secara manual, hanya bisa dilakukan oleh ke-18 personel yang telah ditunjuk itu," ujarnya, kemarin.

Berbeda dengan di Polres Sukabumi Kota yang memberi tanda khusus pada polisi yang memiliki wewenang menilang, di Kota Bandung tak terdapat tandanya sehingga masyarakat hampir pasti tak akan bisa membedakannya secara tampilan.

Kasatlantas Polrestabes Bandung, Kompol Eko Iskandar, mengatakan belum ada tanda khusus ini karena mereka masih menunggu petunjuk.
"Kita masih menunggu petunjuk karena ini kebijakan baru," ujarnya, kemarin.

Kompol Eko mengatakan, ada 11 personel dari Satlantas Polrestabes Bandung yang bersertifikasi dan diberikan kewenangan untuk menindak secara langsung.

Dalam pelaksanaannya, ungkap Eko, anggota polisi bersertifikasi hanya akan menindak pelanggar lalu lintas yang membahayakan dan tampak mata.

"Jadi tidak ke semua pelanggar diperiksa, tapi hanya pelanggaran tampak mata dan rawan kecelakaan," katanya.

Belasan personel polisi bersertifikasi itu, ujarnya, akan disebar di sejumlah titik di wilayah hukum Polrestabes Bandung.
"Nantinya akan dibuat piket, dibagi beberapa kelompok untuk 11 anggota ini, mereka nanti mobile tidak statis," ucapnya.

Contoh lain pengendara yang akan diberi tindakan langsung tilang manual adalah pengendara menerobos lampu merah, pengendara yang tidak menggunakan helm standar SNI, pengendara yang melawan arus lalu lintas, pengendara yang melampaui batas kecepatan, dan mengendarai kendaraan di bawah pengaruh minuman beralkohol.

Pengendara yang mengendarai kendaraan bermotor yang tidak sesuai dengan spek teknis (spion, knalpot, lampu Utama, lampu rem dan lampu penunjuk arah) juga akan diberhentikan. Begitu pula pengendara yang menggunakan kendaraan bermotor yang tidak sesuai peruntukannya.

Bayar di Bank


Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Ibrahim Tompo, pada tilang manual ini, Polantas tak akan melakukan razia.

Menurut Ibrahim, nantinya polisi akan berkeliling dan langsung melakukan tilang jika menemukan pengendara yang melanggar.

"Tidak ada razia, jadi itu sistemnya mobile," tegasnya.

Dalam penindakannya, sebut Ibrahim, polisi akan mengutamakan pelanggar yang berpotensi mengakibatkan terjadinya kecelakaan lalu lintas, seperti menggunakan telepon genggam saat mengemudi, menerobos traffic light, tidak menggunakan helm, melawan arus, melebihi batas kecepatan dan berkendara di bawah pengaruh alkohol.

"Diprioritaskan kepada pelanggaran yang mengarah pada rawan laka lantas. Pelanggarannya sesuai dengan UU lalu lintas," katanya.

Masyarakat yang terkena tilang, nantinya harus membayar denda melalui bank dan tidak bisa menitipkan kepada anggota polisi.
"Jadi, mekanismenya membayar lewat bank," ucapnya.



Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id 

Belum ada Komentar untuk "MULAI HARI INI Tilang Manual Kembali Diberlakukan, Perlu di Ketahui Ini Ciri Polisi yang Boleh Lakukan Tilang Manual"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel